Budidaya Kroto

semutPernahkan terpikirkan dalam benak kita, bagaimana semut mampu memberikan manfaat bagi kehidupan, terkadang kita masih beranggapan bawah semut adalah hewan pengganggu, .. nanti dulu, kembali saya tegaskan “bahwa setiap makhluk yang tercipta di muka bumi ini akan selalu memberikan manfaat bagi kehidupan”. Seperti janji saya pada tulisan sebelumnya bahwa di kategori INSPIRASI akan tersaji tulisan-tulisan tentang peluang usaha dan atau inspirasi bisnis yang memungkinkan untuk di laksanakan dan di aplikasikan di Dusun Gantiwarno tercinta. Dan setelah membaca akan tergantung bagaimana kita mengambil sikap, sebagai awalnya adalah akan saya coba untuk menuliskan tentang BUDIDAYA KROTO, yang saya sarikan dari beberapa tulisan dan blog lengkap dengan analisis usaha-nya.

Budaya lama dengan mencari kroto sambil membawa galah kesana kemari, selain akan merusak ekosistem tentunya ketersediaan semuat akan semakin berkurang dan inilah yang akan merusak alam secara perlahan, hal ini tentu harus mulai di tinggalkan sobat walau sejak saya kecil hingga saat ini di dusun kita tidak ada masyarakat yang memilih pekerjaan pencari kroto ini sebagai mata pencaharian. Namun mari kita mencoba untuk berpikir sejenak bagaimana jika rekan muda mulai meninggalkan egoisme pribadi untuk belajar berwirausaha ..

Cara beternak kroto dengan toples –  Salah satu media untuk cara budidaya kroto semut rangrang adalah toples. Toples yang biasa digunakan adalah toples plastik transparan yang ada di pasaran yang pada umumnya sering digunakan untuk tempat kerupuk atau makanan kecil sehingga memudahkan kita untuk mengamati kroto kita. Harga di pasar bervariasi tergantung ukuran dan juga merek.

Bahan dan estimasi biaya cara budidaya kroto toples

Bahan yang di butuhkan  untuk  1 buah toples budidaya kroto toples adalah :
1 buah Toples 10 Lt dengan harga Rp 13.000
1 buah Nampan plastik diameter agak besar, dengan harga Rp 7.000

Cara membuat media toples untuk budidaya kroto

  • Lubangi bagian bawah toples dengan diameter 7 cm. cukup 1 lubang. Kemudian letakan nampan plastik dengan posisis datar, isi air hingga hampir 1/2 bagian nampan. Lalu taruh batu bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples.
  • Lubang toples yang telah dibuat kita tutup menggunaka lakban untuk mencegah lari semut setelah kita pindah semut rangrang dari sarang sebelumnya ketoples yang telah kita sediakan tutup rapat dengan tutupnya ( disini kita siapsiap untuk diserang dan digigit oleh semut rangrang karena mereka pasti merasa terancam).
  • Letakan toples ke media rantang / batu bata dengan posisi tutup pada bagian bawah setelah posisi baik dan benar buka lakban yang tadi menempel . maka segeralah para semut tersebut akan berlarian lewat lubang itu. bila kita membeli bibit dari penjual yang sudah bermedia toples maka kita tinggal memposisikan terbalik kemudian membuka lakbannya lebih aman dan praktis sebagai media pakan kita bisa menggunakan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung ukuran kecil, tempat minum bisa dari tutup botol air mineral, sebagai pakan awal bisa kita beri ulat hongkong, minum dengan air gula agak kental.

Cara Memberi Makan :

Sebelum memberi makan tentunya kita harus tahu terlebih dahulu apa saja makanan untuk semut rangrang ini, sehingga akan diperoleh kroto yang berkualitas dengan harga yang tinggi, adapun makanan untuk Semut rangrang ini adalah sebagai berikut :

  1. Asupan Protein dengan Jangkrik, Cicak, Kecoa, Ulat Hongkong, Ulat Kandang, Belalang, Tulang Ayam, Tulang Sapi, Sisa Makanan
  2. Untuk Asupan Gula cukup dengan air matang kita beri Gula yang sedikit Kental

Dari sisi makanan tidak terlalu repot bukan .. ??

Dan untuk memberi makanan jika kita menggunakan media budidaya dengan Toples adalah sebagai berikut :

  1. Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong, kandang dll). Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah kita sediakan.
  2. Kemudian untuk cara memberi makanan yang kedua yakni menggunakan rak toples. Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas. Cuma tempat makanan kita letak kan di samping toples. Karena dengan media rak , tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ).

Terakhir yang kita nanti-nanti adalah SAAT-nya PANEN …

Cara Memanen Kroto

Saat yang di nanti oleh teman teman peternak kroto yaitu memanen kroto semut rangrang dari media toples . Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak semut rangrang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 semut saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan jumlahnya. ngeri bukan heehe

Setelah melihat toples sudah banyak kroto. Pasti sobat berpikir untuk mengambil dan memanen nya. Entah mau di gunakan untuk kebutuhan sendiri, pakan burung, mancing dan di jual. Tetapi bingung caranya supaya tidak di gigit untuk mengambil krotonya. Apakah mau di panen atau di biarkan saja jadi banyak untuk bibit. Panen kroto di media toples sebenarnya sangat mudah, asalkan kita tahu caranya.

Berikut yang harus di siapkan:

  1. Sarung tangan   Untuk apa sih sarung tangan. Supaya kulit kita tergigit secara langsung
  2. Tepung pati  Digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.
  3. 2 buah Ember  satu sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ke dua untuk tempat  kroto.
  4. Batang kayu kecil / sapu lidi   untuk merobek jaring putih.,atau sobat bisa gunakan  langsung memakai tangan ( sudah terlindungi sarung tangan+ tepung ).

Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek. kroto akan jatuh kebawah. Dibawah kan masih ada tutup toples, ketika kroto sudah diatas tutup toples. Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto, sebelum menyatu lagi dengan semut rangrang .Begitu seterusnya.

Demikian tulisan sederhana ini disarikan dari berbagai sumber bacaan .. semoga bermanfaat

2 responses to “Budidaya Kroto

Leave a comment